Daun

Rabu, 05 Februari 2020

Info Tutup Jalur Pendakian Gunung



Pada waktu-waktu tertentu di sepanjang tahun, selalu ada beberapa jalur pendakian gunung yang ditutup sementara. Penutupan pendakian ini bukan lah tanpa tujuan. Kondisi alam seperti cuaca ekstrembadaiangin puting-beliungpeningkatan aktivitas vulkanik atau erupsi, dan tujuan pemulihan ekosistem serta perbaikan fasilitas pendukung di jalur pendakian seringkali menjadi penyebab dilakukannya penutupan gunung tertentu untuk sementara.

Untuk Sobat Penjelajah yang akan merencanakan pendakian gunung, penting untuk mengetahui informasi jadwal buka dan tutup jalur pendakian gunung yang akan kamu daki sebelum kamu datang langsung ke lokasi.

Berikut adalah informasi status buka dan tutup pendakian gunung-gunung di Indonesia yang dirangkum oleh penjelajah dari berbagai sumber, khususnya untuk info buka – tutup gunung tahun 2020 yang telah updated. Informasi dipantau dan update setiap hari.

Nama Gunung
Status
Keterangan
Cagar Alam Gunung Krakatau
TUTUP
Peningkatan Aktivitas Vulkanik (Level II - Waspada)
Gunung Agung
TUTUP
Pasca erupsi 31 Mei 2019, Gunung Agung masih ditutup untuk pendakian. Status Level III (Siaga). Penduduk dan pengunjung dilarang mendekati radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung. Update info per 23 Desember 2019
Gunung Anjasmoro
TUTUP
Gunung Anjasmoro secara resmi memang belum dibuka untuk pendakian, karena masuk ke dalam kawasan konservasi. Update 9 Januari 2020.
Gunung Dempo
TUTUP
Pendakian ke Gunung Dempo ditutup karena harimau sedang berkeliaran di sekitar jalur pendakian dan tempat wisata di kaki Gunung Dempo. Belum dibuka kembali sejak meninggalnya 2 pendaki yang hilang di Gunung Dempo dan semenjak kemunculan Harimau setelahnya. Update per 16 Januari 2020.
Gunung Gede Pangrango
TUTUP
Gunung Gede Pangrango ditutup mulai tanggal 31 Desember 2019 hingga 31 Maret 2020 untuk tujuan pemulihan ekosistem, antisipasi cuaca ekstrem, dan operasi bersih Gunung Gede-Pangrango


Tidak ada komentar:

Posting Komentar