Daun

Jumat, 06 Maret 2020

Apa Itu Orientering?



Sudahkah kamu tahu apa itu Orientering?

Orientering adalah olahraga menemukan sejumlah lokasi medan sebenarnya dengan menggunakan peta dan kompas. Orang yang melakukan melakukan olahraga ini dinamakan orienteers.
            Awal mulanya orienteering muncul di Swedia dan diciptakan untuk kepentingan militer, yaitu melatih kemampuan navigasi darat. Tujuannya adalah untuk bisa melewati atau melintasi tempat-tempat yang belum pernah diketahui sama sekali. Seiring berjalannya waktu, orienteering bergesar menjadi salah satu cabang olahraga alam yang dilombakan. Mayoritas orienteer yang berkompetisi adalah mereka yang berkecimpung di dunia kepencintaalaman, atau kegiatan kepramukaan. Biasanya untuk perlombaan orienteering peta yang digunakan sudah dimodifikasi, sehingga Kamu akan lebih mudah membaca peta dan menentukan keberadaan titik kontrol.
Peta yang dibuat khusus untuk orienteering dilengkapi dengan simbol-simbol yang akan bermanfaat bagi orienteer. Simbol-simbol ini akan menunjukkan medan yang akan dihadapi, sehingga akan berimbas pada pemiliha rute orienteering.
Berikut adalah beberapa simbol yang akan Kamu temui dalam peta orienteering:
Simbol hitam dan abu-abu menggambarkan wilayah bebatuan, misalnya batu besar, tebing atau tanah berbatu. Jika simbol yang muncul berupa garis maka bermakna adanya jalanan setapak, jalan besar, atau gang.
Simbol coklat akan memberi gambaran tentang wilayah-wilayah daratan, seperti misalnya garis kontur tanah, bukit, atau bagian retakan tanah.
Simbol biru digunakan untuk menggambarkan perairan, misalnya kolam, sungai, jeram, atau rawa.
Simbol kuning pada peta menunjukkan vegetasi tertentu, contohnya tanah yang terbuka tanpa tanaman/pepohonan. Tingkat ketebalan warna juga punya makna tersendiri, misalnya warna kuning terang untuk padang rumput dan kuning pucat untuk padang rumput yang tinggi.
Simbol hijau digunakan untuk menggambarkan sebuah vegetasi yang dapat menghalangi jalan orienteer, semakin hijau warnanya maka kerapatan vegetasi makin tinggi bahkan terlalu sulit untu dilewati.
Simbol putih pada peta menunjukkan kawasan hutan yang bisa dilewati orinteer karena tidak ada tanaman atau rumput tinggi di bawah pepohonan.
Simbol ungu bermakna sebagai tanda jalur orientering di peta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar