Daun

Jumat, 06 Maret 2020

Olahraga Tren Sepanjang Zaman


Rafting atau arung jeram adalah sebuah aktifitas yang memadukan unsur petualangan adventure, edukasi, olahraga, dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber ‘jeram’ menggunakan media boat karet, dayung, kayak, dan kano. Selain menguji nyali, aktifitas rafting juga beresiko namun asal setia mengikuti aba-aba yang diberikan pemandu. Rafting atau Arung jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai.
Rafting atau arung jeram adalah olah raga yang menuntut keterampilan. Untuk itu sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Perkembangan ke arah mencapai kemampuan yang prima, hanya mungkin apabila mau mempelajari sifat-sifat sungai, serta bersedia melatih diri di tempat itu. Kecuali perlu mengembangkan pengetahuan mengenai sifat-sifat sungai, wajib pula berlatih berdayung, berkayuh di sungai. Implikasinya butuh mengembangkan kemampuan fisik, agar selalu mencapai kondisi seoptimal mungkin. Hal lain yang patut diingat, adalah berlatih cara-cara menghadapi keadaan darurat di sungai. Hal ini penting untuk melatih kesiapan, kemampuan serta kepercayaan diri
Rafting adalah salah satu olahraga yang tidak murah, untuk melakukan olahraga ini tentu harus memiliki alat-alat yang memadai serta berkualitas agar saat melakukan kegiatan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk melakukan olahraga ini setiap orang minimal harus memiliki peralatan-peralatan yang di gunakan untuk berada di atas air seperti, Perahu karet (boat), Pelampung (life jacket), Pelindung kepala (helm), Dayung (paddle), Tas kedap air (Dry bag), Tali Lempar (Throw bag), Pompa (Pump), P3k Kit (First aid), dan alat-alat lainnya.
Meskipun terbilang tidak murah, olahaga ini selalu di gemari hingga sekarang oleh semua kalangan remaja hingga dewasa. Karna olahraga ini memiliki manfaat yang mungkin orang lain tidak ketahui secara khusus. Beberapa manfaat olahraga ini diantaranya ialah ,
  • ·         Melatih Kekuatan Otot Tubuh
  • ·   Membantu Pembakaran Kalori Tubuh
  • ·         Memperkuat Otot Jantung
  • ·         Membersihkan Paru-paru
  • ·         Merelaksasi Pikiran
  • ·         Menghilangkan Stres
  • ·         Melawan Rasa Takut
  • ·         Memperkuat Persahabatan.

Hmm sungguh menarik bukan? Mungkin ini adalah salah satu olahraga yang tidak akan habis dimakan zaman hingga nanti karena manfaat dan kelebihannya sungguh tidak diragukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar