Daun

Jumat, 06 Maret 2020

Manfaat Panjat Tebing


Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya.
Perkembangan panjat tebing di Indonesia dimulai, dimana Tebing 48 di CitatahBandung. mulai dipakai sebagai ajang latihan oleh pasukan TNI AD.
Tahun 1976, merupakan awal mula panjat tebing modern di Indonesia dimulai, yaitu ketika Harry Suliztiarto mulai berlatih memanjat di Citatah, Bandung dan diteruskan dengan mendirikan SKYGERS ''Amateur Rock Climbing Group'' bersama tiga orang rekannya, Heri Hermanu, Dedy Hikmat dan Agus R, yang pada tahun 1977.
            Hingga sekarang panjat tebing masih di jadikan olahraga favorit oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena menguji keberanian, panjat tebing juga memerlukan kekuatan serta kefokusan diri untuk melakukan olahraga ini terutama ketika sudah berada di ketinggian. Panjat tebing merupakan olahraga yang bisa dilakukan di banyak tempat, entah itu indoor maupun alam bebas. Tidak sedikit manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan berolahraga panjat tebing.
            Karena gerakan dari setiap olahraga berbeda, otot yang terdampak juga pasti tidak sama. Lantas olahraga Panjat tebing ini sendiri tentu memiliki manfaat tersediri.
1.      Meningkatkan otot dan ketahanan tubuh
2.      Meningkatkan fungsi otak
3.      Menghilangkan Stress
4.      Melatih keterampilan
5.      Dan lain-lain
Tidak heran kalau panjat tebing hingga sekarang masih menjadi olahraga favorit masyarakat, walaupun kegiatan olahraga ini terbilang mahal namun masih banyak orang yang mau bahkan rutin melakukan kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar