Daun

Selasa, 02 Juni 2020

MANFAAT ORIENTERING

Sebagai informasi, orienteering merupakan sebuah kegiatan berbasis outdoor untuk menguji kemampuan navigasi, kecepatan, dan ketepatan. Untuk melakukan orienteering ini membutuhkan peta dan juga kompas. Ini digunakan untuk menemukan titik-titik atau objek tertentu selama orienteering. Awal mulanya orienteering muncul di Swedia dan diciptakan untuk kepentingan militer, yaitu melatih kemampuan navigasi darat. Tujuannya adalah untuk bisa melewati atau melintasi tempat-tempat yang belum pernah diketahui sama sekali. Kini, orienteering tumbuh menjadi sebuah cabang olahraga alam yang dilombakan

Peserta harus menggunakan peta dan kompas untuk menemukan sejumlah lokasi kontrol di medan sebenarnya. Pesertanya biasa disebut orienteer. Keunikan orienteering sebagai ciri khas olahraga ini adalah mencari dan menemukan rute terbaik melintasi suatu medan atau daerah tak dikenali melawan waktu.

Sebenarnya pola permainan orienteering seperti perpaduan olahraga reli dan kegiatan mencari jejak yang biasa dilakukan pramuka. Namun orienteering lebih dari sekedar itu. Dalam olahraga ini harus menempuh dan menyelesaikan sebuah lintasan orienteering yang terdiri dari sebuah start, sejumlah kontrol-kontrol (kontrol adalah istilah orienteering untuk pos) dan sebuah tempat finish.

Sebelum diberangkatkan dari tempat start , diberikan sebuah kartu kontrol dan peta. Kartu kontrol berisi nama dan nomor peserta serta sejumlah kotak-kotak bernomor yang akan ditandai di setiap kontrol untuk membuktikan telah menemukan kontrol-kontrol.

Orienteering dapat dinikmati sebagi sebuah kegiatan rekreasi (fun actifity), kegiatan edukasi (education actifithy ) maupun olah raga kompetisi (competition sport). Dapat diikuti berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak pra sekolah (usia4-6 tahu) hingga kakek-nenek (usia 80-an tahun), baik secara perorangan, berpasangan maupun regu-regu kecil.

Sifatnya yang dinamis dan fleksibel membuat orienteering dapat dimainkan oleh siapa saja. Olahraga ini menyajikan tantangan mental, rekreasi, kecakapan hidup, aktivitas fisik dan kegembiraan. Manfaat orienteering antara lain membentuk kepercayaan diri, mempertinggi kerja sama tim, improvisasi pembacaan peta, mengajarkan sebuah olahraga seumur hidup serta tantangan fisik dan mental. Dan semua itu akan ditemui dalam orienteering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar